Wagub Bali harapkan kuliah industri gerakkan kewirausahaan mahasiswa

Denpasar (ANTARA) – Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati mengharapkan kegiatan kuliah industri dapat menggerakkan jiwa kewirausahaan mahasiswa sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan pasar di tengah persaingan global.

“Jadilah sumber daya manusia yang memiliki kompetensi, daya saing tinggi, kreatif dan inovatif untuk memenangi kompetisi,” kata Wagub Bali yang akrab dipanggil Cok Ace itu saat menerima perwakilan Stikom Bali yang akan melaksanakan Kuliah Industri 2019 di Denpasar, Selasa.

Menurut orang nomor dua di Bali itu, pelaksanaan kuliah industri juga sejalan dengan program pemerintah untuk mengembangkan dunia pendidikan, khususnya pendidikan vokasi.

“Kami berharap kegiatan ini dapat meningkatkan wawasan dan pemahaman mahasiswa sehingga menghasilkan individu yang kreatif dan inovatif guna memenuhi kebutuhan industri serta penyelarasan konsep ‘link and match’ di perguruan tinggi,” ujar Cok Ace.

Sementara itu, Wakil Koordinator Stikom Bali Kampus 2 Jimbaran Abdi Sudiatmika mengatakan kegiatan kuliah industri merupakan kegiatan rutin yang dilakukan untuk membekali mahasiswa dengan ilmu serta pengalaman langsung dari pakar dunia industri, mengenai dunia kerja, serta kebutuhan tenaga kerja di bidang industri.

Kuliah Industri kali ini mengangkat tema “Kreatif dan Inovatif” yang dilakukan selama dua hari dengan berbagai rangkaian acara antara lain kuliah umum, pameran UKM mahasiswa dan pameran bisnis.

Dengan pelaksanaan kuliah industri ini, pihaknya mengharapkan mampu mendukung terciptanya “link and match” antara pendidikan dan kebutuhan industri.

“Dengan demikian, kami mampu menjawab tantangan era kreatif dan inovatif dengan kolaborasi yang baik antara perguruan tinggi, dunia industri, pemerintah dan masyarakat,” ucap Sudiatmika.

Pewarta:
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2019