Satpolair Bangka ajak nelayan bangun keamanan maritim

Satpolair Polres Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengajak seluruh nelayan dan pelaku usaha jasa wilayah peraiaran laut untuk membangun keamanan maritim.

“Saya mengajak seluruh nelayan dan pelaku usaha jasa pelayaran untuk bersama-sama membangun keamanan maritim dengan cara menaati aturan yang berlaku,” kata Kapolres Bangka, AKBP M. Budi Ariyanto melalui Kasatpolair AKP Elpiadi di Sungailiat, Selasa.

Dia mengatakan, banyak hal yang perlu dilakukan untuk menjaga atau meningkatkan keamanan maritim yang memiliki potensi kekayaan hayati.

“Perairan laut tidak hanya menjadi sarana infrastruktur pelayaran, namun juga memiliki keanekaragaman hayati yang mampu memberikan konstribusi terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Kekayaan yang  melimpah ini menurut dia, harus dijaga kelestariannya dengan cara menggunakan alat tangkap yang ramah lingkungan.”Bagi pengguna jasa angkutan pelayaran harus  menaati jalur perairan yang ditetapkan dengan tidak membawa barang terlarang,” jelasnya.

Dikatakannya, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah termasuk pemangku kepentingan untuk bersama-sama merencanakan program pembangunan kemaritiman.

“Selain koordinasi, kami juga melakukan pengawasan di wilayah perairan laut baik yang dilakukan secara internal polair maupun terpadu yang melibatkan intansi terkat, dan sampai saat ini tidak ditemukan pelanggaran hukum di laut,” katanya.

Dia menyarankan nelayan atau masyarakat lain yang mengetahui ada dugaan ancaman pelanggaran di laut segera melaporkannya ke pos pengamanan laut terdekat seperti di pos polair maupun pos keamanan laut TNI AL.

Pewarta: KR-KMN
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2019