Pengumpulan donasi di minimarket untuk sembako pilpres, ini penjelasannya

Jakarta (ANTARA/Jacx) Sebuah informasi yang diunggah oleh seorang konsumen minimarket yang mengatakan bahwa saat berbelanja dan melakukan pembayaran, kembalian uangnya langsung dipotong Rp10.000 untuk didonasikan untuk pembagian sembako terkait kampanye pemilihan presiden 2019.

Klaim   : Setiap uang kembalian pembayaran belanja di sebuah minimarket akan langsung dipotong untuk donasi bagi pembelian dan pembagian sembako kepada masyarakat terkait pemilu.
Rating  : Salah/Misinformasi

Penjelasan : 
Corporate Communication GM PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk, Nur Rachman membantah bahwa pengelola jaringan toko swalayan nasional itu melakukan potong langsung donasi sebesar Rp10.000 kepada konsumen di toko SAT Cimalati (X070), Jawa Barat,  pada 27 Maret 2019.

Saat melakukan oprsi donasi, kasir selalu menawarkan yang akan diberikan kepada konsumen dan menunggu persetujuan konsumen. Dalam kasus yang kemudian struknya menjadi unggahan di media sosial, konsumen telah menyetujui donasi Rp1000.

“Jadi, kembalian konsumen seharusnya Rp76.000, tetapi kasir salah input donasi menjadi Rp10.000 dan langsung cash end. Saat itu juga kasir mengonfirmasi kepada kosumen tersebut bahwa ia salah input donasi dan menggantinya dengan uang tunai, sehingga konsumen tetap mendapatkan kembalian utuh sebesar Rp76.000,” kata Nur Rachman dalam keterangan persnya.

Cek fakta : https://www.antaranews.com/ 

Pewarta: Tim Jacx dan Kominfo
Editor: Panca Hari Prabowo
COPYRIGHT © ANTARA 2019