Jokowi: Dana desa bantu pembangunan infrastruktur

Dengan dana desa tersebut juga telah dibangun sepanjang 191 ribu kilometer jalan di desa-desa

Jakarta (ANTARA News) – Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo menyatakan dana desa yang disalurkan pemerintah telah membantu pembangunan beragam infrastruktur yang sangat dibutuhkan untuk pengembangan aktivitas produksi di pedesaan.

“Dengan bidang infrastruktur, kita tahu tiga tahun terakhir telah disalurkan Rp187 triliun dari dana desa,” kata Jokowi dalam Debat Capres 2019 Putaran Kedua di Jakarta, Minggu.

Dalam segmen bagian pemaparan visi misi capres tersebut, Jokowi menyatakan bahwa dengan dana desa tersebut juga telah dibangun sepanjang 191 ribu kilometer jalan di desa-desa.

Menurut dia, pembangunan jalan melalui dana desa tersebut adalah jalan produksi yang sangat bermanfaat bagi warga di daerah-daerah kawasan pedesaan.

Sedangkan bagi para petani, lanjutnya, telah ada sebanyak 58 ribu unit irigasi yang dibangun dengan menggunakan dana desa tersebut.

Jokowi menyatakan hal tersebut dalam segmen pembukaan yang juga terdapat bagian pemaparan visi misi capres.

Debat capres putaran kedua ini diselenggarakan di Hotel Sultan, pada Minggu malam, yang dimulai sejak pukul 20.00 WIB.

Tema yang diangkat pada debat kedua tersebut adalah infrastruktur, energi dan pangan, serta sumber daya alam dan lingkungan hidup.

Menurut data pemerintah, tahun 2016 pemerintah menyediakan Rp46,98 triliun dana desa dan tingkat penyerapan sampai 97,65 persen dan pada 2017 hingga 98,54 persen dari Rp60 triliun dana desa yang dialokasikan terserap.

Tahun 2018, pemerintah mengalokasikan Rp60 triliun dana desa dan sekitar 99 persen di antaranya terserap.

Setelah pemerintah mengucurkan dana desa, desa-desa di Indonesia mampu membangun infrastruktur dasar yang sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan hidup dasar dan mendukung kegiatan ekonomi warga desa.

Pemerintah mengarahkan penggunaan dana desa 2019 untuk pemberdayaan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat di desa-desa yang infrastruktur dasarnya sudah terbangun.

Baca juga: Jokowi ingin sebanyak-banyaknya kurangi ketergantungan terhadap energi fosil
Baca juga: Pemerintah harapkan dana desa Rp73 triliun ciptakan pemerataan
 

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019