ADB-AFD tingkatkan penyediaan pembiayaan bersama jadi lima miliar dolar

Manila (ANTARA News) – Bank Pembangunan Asia (ADB) dan Agence Francaise de Developpement (AFD) pada Jumat, sepakat meningkatkan komitmen pembiayaan bersama, dari tiga miliar dolar AS dalam tiga tahun terakhir menjadi lima miliar dolar AS untuk tiga tahun ke depan.

Kerja sama itu memungkinkan ADB dan AFD meningkatkan upaya pembangunan bersama di kawasan Asia dan Pasifik.

Di bawah Perjanjian Kerangka Kerja Kemitraan (PFA) untuk 2016 hingga 2022 yang ditandatangani ADB dan AFD pada Oktober 2016, bank yang berbasis di Manila itu mengatakan kedua lembaga telah sepakat masing-masing mendedikasikan 1,5 miliar dolar AS dalam pembiayaan bersama untuk tiga tahun pertama dari perjanjian enam tahun.

ADB dan AFD kini telah memutuskan untuk meningkatkan jumlah masing-masing menjadi 2,5 miliar dolar AS dalam tiga tahun mendatang, menjadikan komitmen gabungan mereka menjadi lima miliar dolar AS.

Sebagai bagian dari kerja sama baru kedua lembaga di bawah PFA, ADB dan AFD juga menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk memperluas kolaborasi mereka dalam transportasi perkotaan melalui kemitraan Mobilize Your City (MYC).

ADB dan AFD memutuskan untuk bergandengan tangan untuk memperluas kemitraan MYC melalui implementasi program dukungan MYC yang bertujuan memperluas proyek-proyek jaringan “iklim cerdas” untuk mobilitas perkotaan berkelanjutan di Asia.

AFD adalah lembaga keuangan publik inklusif dan aktor utama dalam kebijakan pembangunan Prancis. AFD membuat komitmen untuk proyek-proyek yang benar-benar meningkatkan kehidupan manusia sehari-hari, di negara-negara berkembang.

Baca juga: ADB pertahankan perkiraan pertumbuhan Asia Tenggara 5,1 persen

Pewarta:
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019